Pengaruh Jengkol Terhadap Penderita Asam Urat

By | June 25, 2018

Pengaruh Jengkol Terhadap Penderita Asam Urat

Selamat Datang Media Informasi sekaligus website resmi www.obatasamuratterbaik.com satu satunya distributor obat asam urat QnC Jelly Gamat yang 100% herbal alami, resmi dan terpercaya.

Bagi Anda yang berada di wilayah Jabodetabek, Tasikmalaya Dan Surabaya Berlaku Pengiriman Same Day ( COD / Cash On Delivery, Gosend, GRAB Expres Dll ) Dapatkan Pelayanan BARANG SAMPAI BARU BAYAR Untuk Kota Kota Tertentu Di Seluruh Wlayah Indonesia.

Kandungan Gizi Pada Jengkol

Pengaruh jengkol pada penderita asam urat – Jengkol adalah salah satu spesies tanaman yang ditemukan di wilayah Asia Tenggara, tanaman ini memiliki nama Latin Archidendron Pauciflorum. Jengkol termasuk ke dalam kelompok spiral berbentuk bundar leguminus, warna coklat mengkilap dan lapisan epidermis tipis.

Jengkol merupakan menu khas Indonesia, namun sayangnya jengkol memiliki bau yang tidak enak dan juga bisa menimbulkan bau tak sedap dalam air kencing setelah dikonsumsi, apalagi jika dimakan mentah sebagai sayuran segar.

Meskipun sering dianggap sebagai makanan kelas rendah, hasil penelitian menunjukkan bahwa jengkol juga kaya akan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin, dan saponin.

Jengkol banyak mengandung vitamin C yang memiliki peran seperti :

1. oksidasi fenilalanin menjadi tirosin,
2. reduksi ion ferri menjadi ferro dalam saluran pencernaan, sehingga besi lebih mudah untuk diserap,
3. melepaskan besi dari transferrin dalam plasma agar dapat bergabung ke dalam ferritin (simpanan besi) jaringan,
4. pengubahan asam folat menjadi bentuk yang aktif, yaitu asam folinat, serta
5. berperan dalam pembentukan hormon steroid dari kolesterol

Bahaya Jengkol Terhadap Penderita Asam Urat

Bahaya jengkol pada asam urat – Kandungan protein dan zat besi yang ada pada jengkol memang sangat bermanfaat, namun bagi Anda yang memiliki penyakit asam urat sebaiknya menjauhi makanan ini. Berikut adalah beberapa bahaya jengkol untuk kenaikan asam urat:

Jengkol memiliki kandungan purin

Pantangan makanan bagi penderita asam urat adalah yang memiliki kandungan purin. Mengapa purin? Karena purinlah yang akan membuat asam urat menjadi naik. Asupan purin yang berasal luar tubuh jika tidak dibatasi akan menyebabkan asam urat semakin meningkat.

Mempecepat pengkristalan asam urat

Konsumsi jengkol juga akan mempercepat adanya pengkristalan asam urat dalam tubuh. Jika pengkristalan semakin cepat, maka penyaluran oleh darah pada area persendian juga akan semakin cepat dan semakin menumpuk.

Mempercepat peradangan asam urat

Jika pengkristalan asam urat semakin cepat, maka peradangan pada persendian juga akan semakin cepat. Dengan begitu, jika kondisi tersebut terus berlangsung tanpa ada penanganan khusus maka akan mulai muncul beberapa tanda-tanda asam urat seperti nyeri pada persendian, sendi terasa terbakar, sendi berwarna merah, dan jika kondisinya sudah parah sendi akan menjadi bengkak dan sangat sulit untuk digerakkan. Jika sudah begitu, Anda akan merasa terganggu saat akan melakukan aktivitas, karena pada umumnya gejala asam urat akan timbul secara tiba-tiba.

Berdasarkan bahaya diatas sudah sangat jelas, bahwa jengkol merupakan salah satu makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi penderita asam urat. Namun tidak hanya untuk asam urat, jengkol juga sangat berhahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Selain bahaya jengkol untuk penderita asam urat Manfaat jengkol untuk kesehatan tidak diragukan lagi, tetapi sayangnya tidak banyak orang yang tahu. Berikut beberapa manfaat jengkol untuk kesehatan.

Mencegah Anemia – Jengkol juga kaya zat besi di mana zat besi sangat berperan untuk mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh. Anda tentu tahu bahwa ketika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah akan menurun. Akibatnya pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh semua sel dalam tubuh juga akan berkurang.

Mencegah Radikal Bebas – Jengkol mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan dapat meningkatkan penglihatan penglihatan. Vitamin A dan vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan diketahui dapat menangkal zat radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Mencegah diabetes – Hebatnya, jengkol bisa mencegah timbulnya diabetes. Mengapa? Di buah sukun ada zat yang tidak ditemukan di bahan makanan lainnya. Zat itu disebut zat asam jengkolat. Asam jengkolat ini adalah kristal, tidak larut oleh air.

Antioksidan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung – Seperti disebutkan di atas, jengkol mengandung zat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Begitu pula dengan kesehatan jantung. Racun atau racun dalam tubuh akan sulit masuk ke dalam tubuh, terutama jantung, berkat perlindungan yang diberikan oleh antioksidan ini.

Pengaruh Jengkol Terhadap Penderita Asam Urat

Posted By
Obat Asam Urat Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *